Pengaruh Karakteristik Nasabah, Pengetahuan Nasabah, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Kalsel Syariah Banjarmasin)
Abstract
The test results prove partially the characteristics of the customer (X1), and the quality of service (X3), affecting the decision to use Islamic banking services (Y), while customer knowledge (X2), no partial effect on the decision to use the services of sharia banks in Bank Kalsel Syariah Banjarmasin. Characteristics of customers (X1) is a variable that gives the dominant contribution to the decision to use sharia banking services with a contribution of 35.9%. While simultaneously shows the influence of significant variables Customer characteristics, knowledge of customers, quality of service to the decision process using the services of sharia banking. This is evidenced by the value of Adjusted R Square regression model of 0.246 which means that the dependent variable is influenced by the independent variable of 24.6%. And the rest of 75,4% influenced by other variable not mentioned in this research.
Keywords: Characteristics, Knowledge, Service Quality and Decision Using bank services
Full Text:
PDFReferences
Alfi Mulikhah Lestari. (2015). Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang).
Almasdi, dan Jusuf Suit. (2012). Aspek Sikap Mental Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Syiar Media.
Andrian Payne. 2000. The Essence of Service Marketing.ANDI and Pearson Education (Asia) Pte.Ltd. Yogyakarta
Ary Fiyanto. 2013. Pengetahuan Konsumen dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT Bank Syariah Mandiri Tbk Caban Rawamangun, Magister Manajemen Perbankan, Universitas Gunadarma, Tidak Diterbitkan.
Ayu Prasasti. 2017. Pengaruh kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasaan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank Mandiri prioritas Padang, Magister Manajemen, Universitas Andalas Padang, Tidak Diterbitkan.
Boyd, Harper W, (2000). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.
David, Downey. (2002). Manajemen Agribisnis, Buku Keempat, Erlangga, Jakartarta.
Dedi Rianto Rahardi. (2008). Sikap Nasabah Terhadap Produk Bank Syariah. National Conference on Management Research, Makasar Indonesia.
Filia Putri Aryani. (2015) Pengaruh Karakteristik Konsumen dan Pengetahuan Produk Baru terhadap Prilaku pembelian Impulsif, Magister Manajemen Perbankan, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Tidak Diterbitkan.
Ghozali, Imam. (2009). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang: UNDIP.
Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gusti Ayu Putu Ratih Kusuma Dewi, (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT BPR HOKI di Kabupaten Tabanan, Magister Manajemen, Universitas Udayana Denpasar, Tidak Diterbitkan.
Hanna, Nessim and Wozniak, Richard. 2001. Consumer Behavior : An Applied Approach. 2nd Edition. New Nersey. Prentice Hall.
Hendra, AW. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan, Jakarta : Pustaka Sinar. Harapan.
Heppy Oktaviani. (2006). Analisis Karakteristik Nasabah Giro Dan Nasabah Tabungan Bank DKI Capem Gunung Sahari, Magister Manajemen Perbankan, Universitas Gunadarma, Tidak Diterbitkan.
Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Juliantara, Dadang. (2005). Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayan Publik. Jogjakarta: Pembaruan.
Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I, Edisi 8. Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip and Armstrong,Gary.(2002).Prinsip- Prinsip Marketing, Edisi 7. Salemba Empat, Jakarta.
Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2004). Dasar-dasar Pemasaran, Edisi 9. PT.Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip and Keller, Lane, Kevin. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. PT. Indeks Jakarta.
Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I, Edisi 12. : Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip and Keller, Lane, Kevin. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Lamb, Hair, McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku -1. PT. Salemba Emban Raya, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Salemba Empat: Jakarta.
M Rhendria Dinawan. (2010). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusa Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang), Magister Manajemen Perbankan, Universitas Diponegoro, Tidak Diterbitkan.
Nan Hong Lin dan Bih Shya Lin. ( 2007 ), The Effect of Brand Image and Product Knowledge on purchase intention Moderated by Price Discount.
Nitisusastro, Mulyadi. (2012). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan.Bandung: Alfabeta.
Notoatmodjo, Soekidjo. ( 2007 ). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta : Jakarta.
Parasuraman, A. Valerie. (2001). (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.
Perangin angin, Loina (2001). Hubungan Masyarakat: Membina Hubungan Baik Dengan Publik,CV. Lalolo, Bandung.
Peter dan Olson. (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 4, jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Peter, Paul, J. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Ratminto dan Atik Winarsih. (2005). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
R. Istyaningsih. (2015). Studi perilaku tentang pengaruh karakteristik nasabah bank dalam memilih deposito berjangka, Magister Manajemen Perbankan, Universitas Gunadarma, Tidak Diterbitkan.
Ristiyanti. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Ruhimat, Resti. (2008). Pengaruh sales Promotion Terhadap Keputusan Pengguna Kartu Kredit BNI (Survei Pada Dosen FPIPS UPI Pengguna Kartu kreditBNI’46). Penelitian Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.
Saladin, Djaslim. (2003). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: Linda Karya.
Setiadi, Nugroho. (2005). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategidan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta.
Setiadi, Nugroho. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta.
Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Subroto, Toto. (2008). Belajar Pembelajaran Dalam Pelatihan Olahraga, Bandung: FPOK UPI.
Sugiyono. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alpabeta.
Sugiyono (2011:64). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alpabeta
Sugiyono. (2012). Memahani Penelitian Kualitatif. Bandung: Alpabeta.
Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan.Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarwan, Ujang. (2002). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunarto. (2007). Manajemen Ritel. Yogyakarta: Penerbit Amus.
Supranto. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta: Jakarta.
Sutedja, Wira. (2007). Panduan Layanan Konsumen. Jakarta: PT. Grasindo
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2012). Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta.
Umar, Husein. (2003). Metode Riset Akuntansi Terapan, Jakarta: Ghalia Indonesia, Cetakan Pertama.
Widayanthi, luh Ikka. (2013). Pengaruh Karakteristik Debitur UMKM terhadap tingkat pengembalian Kredit Pundi Bali Dwipa (Studi kasus nasabah pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Singaraja).
Wiwiek Rabiatul Adawiyah. (2010). Pertimbangan, Pengetahuan, dan Sikap Konsumen Individu Terhadap Bank Syariah, Magister Manajemen Perbankan, Universitas
Zahra Idrees, Xia Xinping. (2017). Dampak Banking Relationship Karakteristik pada Kualitas Layanan Dimensi dan Retensi Pelanggan.
www.bankkalsel.co.id
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbp.v8i1.7912
Article Metrics
Abstract view : 1565 timesPDF - 5740 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Jurnal Bisnis dan Pembangunan
Jurnal Bisnis dan Pemabangunan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. ISSN : 2541-1403 (print verson), E-ISSN : 2541-187X